Ekowisata Berbasis Masyarakat

Ekowisata memiliki banyak definisi. Secara konsep ekowisata merupakan model wisata dimana motivasi utama turis adalah observasi dan mengapresiasi alam dan tradisi lokal yang berhubungan dengan alam (Society, 2009). Berdasarkan definisi tersebut, prinsip dari ekowisata yaitu : berkontribusi pada perlindungan dan konservasi alam, mendukung kesejahterahan masyarakat, memiliki komponen pendidikan berupa kesadaran tentang konservasi baik untuk turis dan masyarakat, memberi sedikit kemungkinan dampak pada lingkungan dan sosial budaya masyarakat. Sedangkan menurut PERMENDAGRI No.33 Tahun 2009, Ekowisata merupakan kegiatan wisata alam di daerah yang bertanggung jawab dengan memperhatikan unsur pendidikan, pemahaman dan dukungan terhadap usaha-usaha konservasi sumber daya alam, serta peningkatan pendapatan masyarakat lokal. Sedangkan definisi dari segi pasar, ekowisata mengacu pada bentuk kegiatan wisata yang mendukung kelestarian (Meyer, 2009). Ekowisata semakin berkembang tidak hanya sebagai konsep tetapi juga sebagai produk wisata, dengan konsep kembali ke alam cenderung dipilih oleh konsumen karena tingkat kepedulian akan alam yang semakin baik.

Ekoturis berkunjung pada daerah yang telah dikelola dengan mengapresiasi alam dan budaya lokal tampa harus memberi perubahan pada daerah yang dituju. Alam yang lestari dapat terus terjaga sehingga mendukung segi perekonomian masyarakat, kesehatan lingkungan dan budaya lokal dapat dipromosikan sebagai bagian dari keanekaragaman sosial masyarakat. Ekoturis yang berkunjung dan menikmati sajian wisata yang diberi mendapatkan pengalaman menarik serta kepuasan tersendiri serta mendapatkan tambahan pengetahuan tentang keanekaragaman alam serta budaya yang disajikan.

Selain menikmati wisata yang ditawarkan, ekoturis dapat mendukung pelestarian lingkungan dengan ikut terlibat pada perlindungan alam dan budaya masyarakat. Para turis diajak berpartisipasi dalam suatu pengelolaan alam secara tidak langsung dengan memberi keuntungan pada masyarakat melalui pendapatan masyarakat dan masyarakat mengelola keuntungan tersebut untuk kelangsungan pelestarian alam mereka sekaligus para turis berpartisipasi secara langsung dengan ikut terlibat dalam mendukung kelangsungan dan ketersediaan sumber daya alam melaui kegiatan-kegiatan konservasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s