Ekowisata Manado

Manado kota model ekowisata dunia telah lama dicanangkan pemerintah untuk mengenjot potensi wisata di Manado. Berbagai macam strategi telah dibuat untuk mendatangkan wisatawan di bumi nyiur melambai ini, konsep ekowisata rupanya masih belum dipahami benar oleh beberapa pemangku kepentingan yang mengelola produk wisata di Manado. Konsep pengelolaan hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu dan tidak banyak menyentuh masyarakat.
Dengan program Paket Ekowisata Manado, kami coba kembangkan konsep ekowisata sebenarnya. Dengan potensi yang luar biasa banyak di daerah ini, kami mengambil salah satu daerah di kota Manado, tepatnya kelurahan Tongkeina.
Potensi ekowisata yang ada di kelurahan Tongkeina patut untuk dikelola. Beberapa objek wisata yang terkenal yaitu Gunung Tumpa, Kawasan Taman Nasional Bunaken, kawasan hutan mangrove, serta budaya yang masih melekat dalam kehidupan sosial masyarakatnya.
Adapun untuk mengembangkanya kami mengembangkan beberapa produk ekowisata berbasis masyarakat, diantaranya :

  • Trekking
    Kegiatan ekowisata lain yang ditawarkan yaitu trekking ke Gunung Tumpa. Gunung ini merupakan gunung yang tidak aktif yang memisahkan beberapa kelurahan diantaranya Meras, Molas, Pandu, Tiwoho. Atraksi utama yang dapat dinikmati disini yaitu melihat pemandangan kepulauan Bunaken dan sekitarnya serta Sunset yang menghiasinya. Pada malam hari, tamu akan menikmati indahnya kota Manado dilihat dari atas. Atraksi lain yang menarik yaitu menikmati pemandangan sepanjang perjalanan,daerah perkebunan masyarakat, hutan wisata alam, dapat meilhat burung-burung, Yaki, kus-kus, dll.
  •  Ekplorasi hutan mangrove dan snorkeling
    Salah satu aktfitas yang menyenangkan dan harus dilakukan di daerah ini yaitu eksplorasi hutan mangrove dan snorkeling di kawasan taman nasional Bunaken. Hutan mangrove di kawasan kelurahan Tongkeina merupakan area hutan mangrove yang terlindungi dan merupakan satu-satunya potensi ekowisata mangrove di kota Manado. Memiliki keanekaragaman jenis yang tinggi serta menopang kawasan perlindungan laut Bunaken dengan memberikan area asuhan dan pembesaran biota laut. Peran hutan mangrove di daerah pesisir juga sebagai pelindung area pantai dari ancaman abrasi dan tsunami serta dapat diolah menjadi bahan pangan, obat-obatan, kosmetik dan merupakan area penyimpan karbon di laut untuk mengantisipasi pemanasan global.
    Eksplorasi hutan mangrove ini menggunakan perahu sampan tradisional ataupun menggunakan perahu nelayan tradisional. Tamu akan diajak berkeliling daerah mangrove, sambil belajar mengenal ekosistem ini lebih dekat dan tahu akan pentingnya sumber daya ini. Setelah asyik mengeksplorasi hutan mangrove tamu akan diajak untuk snorkeling di lokasi yang telah ditentukan. Di tempat ini tamu akan menikmati keindahan alam bawah laut yang indah dengan karang yang berwarna-warni serta ikan yang sangat beragam. Kegiatan akan diakhiri dengan mengunjungi pulau karang kecil untuk menikmati pemandangan disana.
  • Bersepeda di daerah pedesaan.Tamu akan dijemput dengan mobil dan dibawah ke Kelurahan Tongkeina, paket bersepeda akan dimulai dari daerah pantai Batu Meja sampai ke pantai Bahowo dengan melewati jalur jalan beraspal, tanah, bergunung-gunung, jalan setapak dan melewati sungai kecil. Atraksi yang dapat dinikmati yaitu melihat langsung aktifitas masyarakat serta budayanya, daerah perkebunan, pantai, serta tantangan bersepeda di jalan yang relative kecil dan tidak rata.
  • Mancing Mania
    Atraksi ekowisata lain yang dapat dilakukan yaitu mancing. Tamu akan diajak untuk memancing di area yang telah ditetapkan. Memancing dilaksanakan dengan metode tradisional dan ramah lingkungan. Selain kegiatan memancing tamu akan diajak untuk memanah ikan (JUBI), basoma, dan lain-lain.

Selain menyediakan Atraksi wisata, kami juga telah menyediakan Home Stay yang dikelola oleh masyarakat. Tinggal dan mengenal kehidupan keseharian masyarakat, makanan lokal, belajar memasak, dan aktifitas lain dapat dilakukan langsung bersama keluarga.

Untuk memesan paket ini, silahkan hubungi kami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s