Ekowisata Tangkoko

Taman Nasional Tangkoko-Batuangus di Kota Bitung terletak di utara Pelabuhan Samudera Bitung tepatnya di kaki Gunung Dua Saudara. Di kawasan seluas 8.718 hektar ini Anda dapat menemukan monyet terkecil di dunia yaitu tangkasi atau tarsius (Tarsius spectrum) yang merupakan hewan endemik Sulawesi. Primata mungil ini hanya memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan berat sekitar 80 gram. Tangkasi dapat melompat sejauh 3 meter atau hampir 10 kaki dari satu pohon ke pohon lainnya lalu menghilang dari pandangan Anda. Keunikan tangkasi telah membuat hewan ini diburu ilmuan dan wisatawan untuk diteliti atau diamati. Hingga kini jumlah tangkasi atau tarsius (Tarsius spectrum) terus berkurang dan termasuk hewan  langka yang dilindungi.

Selain Tarsius, beberapa hewan endemik lain dapat anda temui disini diantaranya Yaki (Black Macaca), Kuskus, Horn bill,  dan lain-lain. Hal ini dikarenakan daerah ini relatif terlindungi oleh perburuan masyrakat dan dijadikan Taman Nasional sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam melestarikan sumber daya alam yang penting ini.

Kegiatan

  • Melihat keanekaragaman hayati serta bentang alam pegunungan yang menarik untuk dieksplorasi
  • mengamati berbagai macam satwa menarik diantaranya 26 jenis mamalia dan 10 diataranya adalah endemik Sulawesi, 180 jenis burung dan 59 diantaranya endemik Sulawesi, 5 hewan asli Sulawesi Utara, serta 15 jenis reptil dan amfibi.
  • Berenang atau hanya menikmati indahnya pantai yang membentang luas.

Akomodasi

  • Menginap di Homestay termasuk makan dan minum
  • Ranger sebagai pemandu di hutan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s